SCRATCH BLOCK
Scratch block terdiri dari 8 kategori yang berbeda dan ditandai oleh 8 warna yang berbeda.
Berikut detail Scratch block beserta fungsinya:
MOTION | |
 | Menggerakkan sprite maju atau mundur |
 | Menggerakkan sprite dalam arah tertentu (0 – ke atas, 90 = ke kanan, 180 = ke bawah, -90 = ke kiri) |
 | Menggerakkan sprite pada koordinat x dan y dalam stage |
 | Menggerakkan sprite ke arah mouse-pointer atau ke arah sprite lainnya |
 | Memutar sprite searah jarum jam |
 | Memutar sprite berlawanan arah jarum jam |
LOOKS | |
 | Menukar sprite dengan costume yang lain |
 | Menampilkan kata atau kalimat (misal Hello!) yang kita inginkan dan dibatasi waktu |
 | Menampilkan kata atau kalimat (misal Hello!) yang kita inginkan tanpa terbatas oleh waktu |
 | Mengatur ukuran sprite dalam persentase tertentu |
 | Memunculkan sprite pada stage |
 | Menyembunyikan sprite dari stage |
SOUND | |
 | Memulai memainkan suara |
 | Memainkan suara dan tunggu sampai suara selesai dimainkan sebelum berlanjut ke blok berikutnya |
 | Menghentikan semua suara yang sedang dimainkan |
  | Mengatur volume suara sprite dalam persentase tertentu |
 | Mengubah tempo sprite dalam ukuran tertentu |
PEN | |
 | Menghapus semua tanda pena dan stamp dari stage |
 | Mengatur warna pena berdasarkan pilihan dari color picker |
 | Mengatur warna pena untuk nilai tertentu. (misalkan pen_color = 0 merah pelangi, pen_color = 100 biru pelangi. Interval dari 0 sampai 200 untuk menentukan variasi warna.) |
 | Mengubah ketebalan pena |
 | Mengatur ketebalan pena |
CONTROL | |
 | Menjalankan script ketika bendera hijau diklik |
 | Menjalankan script ketika key tertentu (misal tombol arah kanan pada keyboard) ditekan |
 | Menunggu selama waktu (detik) yang telah ditentukan, kemudian berlanjut dengan blok berikutnya. |
 | Menjalankan script didalam blok secara berulang-ulang |
 | Mengirim pesan ke semua sprite, kemudian dilanjutkan dengan blok berikutnya. |
 | Jika kondisi yang diberikan benar maka script didalam blok dijalankan secara berulang-ulang |
 | Jika kondisi yang diberikan benar, jalankan blok yang ada didalam |
 | Jika kondisi yang diberikan benar, jalankan blok yang di bagian if. Jika tidak, jalankan blok yang di bagian else |
 | Memeriksa apakah kondisi yang diberikan salah. Jika demikian, jalankan blok yang ada didalam dan dicek kembali. Jika kondisi benar, berlanjut ke blok berikutnya |
 | Menghentikan script |
 | Menghentikan semua script yang berada di semua sprite |
OPERATORS | |
 | Penjumlahan dua bilangan |
 | Pengurangan dua bilangan |
 | Perkalian dua bilangan |
 | Pembagian dua bilangan |
 | Mengambil bilangan bulat dalam kisaran tertentu |
 | Menggabungkan strin |
VARIABLES | |
 | Klik untuk membuat variabel baru |
 | Menghapus semua blok yang berhubungan dengan variabel |
 | Mengubah variabel dengan jumlah yang ditentukan |
 | Mengatur variabel ke nilai yang ditentukan |
 | Menunjukkan variabel pada stage |
 | Menyembunyikan variabel dari stage |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar